Laman

Jumat, 24 Juni 2011

Mur dan Baut

Buat sebagian besar kaum perempuan, mur dan baut adalah hal yang kurang disukai. Hampir semua perempuan menganggap baut dan mur adalah pekerjaan dan urusan laki-laki.

Tapi sekarang banyak juga wanita yang menggunakan perhiasan berbahan dasar mur atau ring. Begitu juga dengan fashion. banyak perancang busana yang menggunakan baut dan mur sebagai hiasan pada pakaian dan tas. 

Apa sih sebenarnya baut dan mur itu? 

Baut dan mur adalah alat yang digunakan untuk menyambungkan benda seperti pada konstruksi dan juga peralatan mesin. 

Yang unik pada baut dan mur adalah ulirnya. Baik pada baut maupun pada mur terdapat ulir yang kerjanya berpasangan. Jadi ulir pada mur, yaitu ulir dalam, harus sesuai dengan ulir pada baut, atau ulir luar.

Itu sebabnya pada baut dan mur ada yang disebut drat kasar dan drat halus. Jadi walaupun diameter dan panjang baut sama, belum tentu ulirnya sama. 

Bentuk baut juga beraneka macam sesuai penggunaannya. Dalam baut motor sendiri kita mengenal beberapa macam baut. Diantaranya :

1. Baut Tanam. 
Ada beberapa macam. Diantaranya dikenal juga dengan nama baut manipul. Baut ini memiliki drat atas dan bawah. Satu lagi adalah baut socket set. Baut yang tidak memiliki kepala,






2. Baut Tembus atau baut tap
Baut ini lebih akrab disebut skrup. Ulirnya lebih tajam dan ujungnya lancip. Lebih banyak digunakan untuk kayu. Baut ini tidak memerlukan mur.

ini contoh gambar skrup yang saya ambil dari situs alibaba.com















3. Baut Untuk pemakaian khusus.
Baut-baut ini memiliki bentuk yang unik. Ada yang disebut baut pondasi, baut penahan dan baut yang berbentuk U. Ada juga baut yang bentuknya bulat seperti mata/kait, baut berbentuk T dan baut yang digunakan untuk kereta.

Baut memiliki bentuk yang beraneka ragam dan memiliki banyak ukuran. Bahannya pun ada yang dari stenless steel, baja dan besi biasa.

Selanjutnya akan saya bahas lain kali ya.

Selamat beraktifitas kembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar